Saturday, August 27, 2005

MASA LALU

Gue sebenernya gk suka bicara soal masa kecil gue. Masa kecil gue sebenernya biasa aja. Tapi ada satu hal yang ga terlalu suka gue inget. Gue gak pernah dendam dan merasa itu bagian dari hidup gue. walaupun tidak menyenangkan untk mengingatnya. Dulu gue gak paham sama namanya kekerasan dalam keluarga. Tapi sekarang gue udah tau. Mungkin gue pernah mengalami itu. Dulu gue sering banget dipukulin sama nyokap. biasanya sih dipukulin kalo belajar gak bisa-bisa. tapi gak pernah ampe gegar otak sih.

gue inget dulu pernah dipukul kepalanya sampe kayanya ada burung nyanyi di kepala gue. Pernah disabet, pernah gak boleh makan dan tidur gara-gara gak bisa ngerjain soal matematika. Itu gue inget banget. cuma terus terang gue gak pernah dendam atau kesel atau apapun. gue biasa aja. tapi ga suka inget2 itu. sama sekali gak menyenangkan. Pukulan memang berenti. tapi ternyata nyokap gue gak bisa berenti mencaci maki gue. bahkan pake kata2 yang makin tajam aja. Gue sering sakit hati. sering banget.

Tapi gue kaya gak berdaya. kalo marah kata2 kaya pelacur, kafir, anak gak berguna, dll sering keluar. gue merasa itu menghina harga diri gue. kalau mau bilang hati gue hancur ya sudah lama hancur. tapi gue gak bisa apa-apa. dia nyokap gue. temen, orang tua, temen cuhat, semuanya. gue gak bisa pergi, gak bisa lari. sesakit apapun, gue selalu kembali dengan luka di hati yang makin banyak. aduh jadi sedih nih. udah mau nangis deh.

Dari dulu gue terbiasa dengan celaan dan kritik. Setiap kali gue pilih barang selalu aja kata nyokap jelek, norak, gak berselera. mungkin itu yang bikin gue selalu gak pede. gak berani menyatakan dengan jelas dan berani apa yang gue mau. sulit menentukan pilihan karena takut pilihan gue bakal dicela nyokap. dan itu masih kebawa sampe gue sebesar ini. pilih kerjaan aja gue gak pede. sampe pilih warna lipstik aja kadang masih takut salah, masih takut dicela.

semuanya mungkin karena gue dewasa dengan kritik dan bukan pujian. sebenernya juga bukan tanpa pujian. gue inget waktu SMP kelas I gue dapet ranking 3. nyokap gue langsung beliin tas, buku tulis, dompet, pokoknya semua hal yang gue pengen. nyokap juga selalu beliin baju2 yang bagus dan gak pernah pelit. dia selalu beliin baju bagus tanpa pikirin harganya. padahal keluarga kita bukan keluarga berlebihan. biasa-biasa aja.

Gue sayang nyokap. semua yang gue lakukan dan semua keberhasilan gue itu buat dia. gue belajar keras buat bikin dia bangga. tapi kadang gue marah kenapa dia gak ngerti dan terus nyakitin perasaan gue. Gue selalu sedih dan nangis kalo mikir soal itu. Kenapa ya dia gak ngerti. gue inget suatu kejadian dan gak bakal lupa sampe hari ini. dari dulu gue selalu berjuang mendapatkan cinta nyokap. tapi gue selalu ngerasa dia lebih sayang sama ade gue. suatu saat ade gue pernah bilang kalo nyokap lebih sayang sama dia. bokap yang lebih sayang sama gue. gue sedih, marah, kecewa. dan itu gue inget sampe sekarang.

Mungkin karena besar dengan kritik dan celaan, gue berubah jadi orang yang gak pede. ada sedikit yang gak sesuia sama pikiran gue sedikit aja gue langsung bingung dan cemas. tapi gak banyak yang mengerti itu. mungkin karena dari luar gue keliatan cuek, tegar. padahal di dalamnya ada jiwa yang sangat sensitif dan rapuh. bahkan cowok gue gak ngerti hal ini. makanya dia sering salah paham. tapi gak apa2 juga sih. gue gak menuntut orang lain ngerti gue walaupun seringkali pengen dan selalu berharap orang lain bisa mengerti gue. keadaan tambah buruk karena gue ini egois dan self centred. jadi lah orang lain makin salah paham. mungkin orang yang paling ngerti gue ya sahabat2 gue jaman kuliah. hubungan pertemanan kita yang intens membuat mereka sangat mengenal gue. tapi kayanya mereka gak pernah denger cerita selengkap ini. soalnya gue paling males cerita soal beginian. cuma sekarang lagi berat banget bebannya. kayanya ini harus gue ceritain. gak sangka ternyata gue juga korban kekerasan. (Ketawa miris)

1 Comments:

Blogger Jufe said...

gw juga jadi miris yu, ada banyak kata yang keluar dari mukut gw, yg biasanya " manis" yang harus direvisi. maapin ya yu, heheh tapi kita kan tahu sama tahu kan walo ga lengkap. bebaskan aja kali ya yu, tarikan aja sebebasnya

11:28 AM  

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home