Friday, March 30, 2007

PERMUKAAN BERGEJOLAK

Apa yang terdapat di bawah sebuah permukaan yang datar? Arus yang luar biasa kuat? Pertabrakan dua arus yang berlawanan? Saya tidak tahu. Adakah sebuah kehidupan di sana? Saya pernah dengar ada orang yang bilang semakin tenang permukaan air semakin berbahaya. Saya sendiri tidak tahu pasti.

Tapi saya tahu pasti bahwa saya selalu takut pada permukaan air yang bergejolak. Begitu mengerikan. Tarikan arusnya seakan siap menarik saya ke dasarnya dan tak akan membiarkan saya melihat langit lagi. Tapi mungkin arus yang bergolak membuat kita siap dengan kemungkinan terburuk. Sementara permukaan yang datar membuat kita lupa diri. Diam-diam menghanyutkan. Halah….

Saya adalah permukaan air yang bergejolak. Meskipun saya tidak ingin menampakan aliran arus yang ada di dalam diri saya, tetap saja hal itu terlihat di permukaannya. Ada kalanya saya ingin terlihat datar. Tapi saya adalah si pemukaan bergejolak. Cuma orang-orang bernyali yang akan mendekati saya. Cuma para risk taker yang akan berusaha menyelami kedalaman air saya yang sebenarnya tidak seberapa ini.

Salahkah menjadi permukaan bergejolak? Tentu tidak. Hanya saja saya harus bersiap-siap untuk selalu ditebak orang. Dan saya adalah orang yang tertebak. Tidak dibutuhkan ahli metafisik untuk mengetahui apa yang sedang saya pikirkan. Abang-abang di jalan juga bisa tahu. So what gitu lhoh. Ini gue, ini hidup gue, gue banget gitu lhoh!

Kapankan permukaan ini menjadi tenang? Mungkin tidak akan pernah. Karena untuk itulah saya ada. Inilah saya, si permukaan bergejolak.


0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home